Saturday, September 30, 2017

Umur yang Tepat untuk Kucing Kawin Serta Kenali Tandanya!

umur kucing yang siap kawin

Umur kucing yang siap kawin - Memelihara kucing mulai dari kecil merupakan kesenangan tersendiri, pasalnya jika Anda merawat kucing dari kecil maka si manis itu akan lebih patuh kepada Anda serta lebih mudah untuk diarahkan. Selain kitten juga memiliki tingkah laku yang sangat lucu sehingga menghibur pemiliknya.

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir yang Tepat Agar Tidak Mati

Namun masa-masa seperti itu tentu saja tidak berlangsung selamanya karena kucing juga tumbuh dan berkembang. Dalam beberapa waktu si manis menginjak masa remaja kemudian tumbuh menjadi kucing dewasa, pada masa inilah kucing akan memasuki waktu siap kawin.

Biasanya pemilik kucing kurang peka dan tidak tau pada umur berapa kucing siap dikawinkan? Sehingga kadang terjadi kesalahan karena Anda ingin segera memiliki anak kucing tapi sebenarnya kucing belum siap di kawinkan ataupun sebaliknya.

Untuk mengetahui umur kucing yang siap kawin maka Anda harus mengetahui tanda-tanda berikut, terlebih jika Anda memiliki kucing berjenis kelamin betina maka harus mengetahui usia produktif kucing betina tersebut.

Tanda-Tanda Kucing Siap Dikawinkan

Kucing yang siap kawin akan melalui masa birahi dengan tanda-tanda ia akan lebih manja kepada pemiliknya. Selain itu si manis akan sering mengeong tapi dengan suara yang lebih keras dan lebih berat dari biasanya. Kucing juga menjadi lebih sensitif serta suka berguling-guling.

Si manis juga akan kehilangan nafsu makannya, tidak seperti biasanya. Tanda-tanda lain juga bisa dilihat saat Anda memegang bagian punggungnya maka ekor akan naik dan melengkung ke samping. Selain itu kucing akan menjadi aktif dengan bulu yang lebih bersinar.

  • Berapa umur kucing yang siap dikawinkan?
Umumnya kucing siap kawin saat mencapai 80% tubuh dewasa yaitu sekitar umur 5-6 bulan. Ketika kucing Anda mencapai umur tersebut maka Anda boleh mempersiapkan untuk mengkawinkan kucing. 

Tapi biasanya fase reproduksi kucing berbeda-beda, ada yang lebih cepat dan adapula yang lebih lambat. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh lingkungan dimana kucing tersebut tinggal, serta pengaruh dari cahaya matahari. Untuk kucing Anda yang termasuk dalam kucing rumahan akan mengalami fase lebih lama daripada kucing yang hidup dijalanan.
  • Berapa lama masa kawin kucing?
Masa kawin kucing biasanya berlangsung selama dua minggu dengan beberapa periode berikut : 
  1. Masa proestrus : ini adalah masa dimana kucing mengalami perkawinan sekitar 12 jam atau paling lama dua hari. Pada saat inilah kucing mengalami birahi namun belum begitu siap untuk kawin dengan pasangannya.
  2. Masa estrus : pada masa ini kucing betina siap untuk kawin dan berlangsung selama tujuh hari.
  3. Interestrus dan diestrus : yaitu masa ketika proses kawin selesai terjadi. Pada masa inilah akan terjadi ovulasi pada kucing betina yang akan menentukan apakah kucing akan hamil atau tidak. Jika hamil maka bayi kucing akan lahir setelah 65 hari.
  • Apakah sama masa kawin kucing jantan dan betina?
Sebenarnya baik kucing jantan ataupun betina mengalami masa kawin yang kurang lebih sama. Bedanya jika sudah memasuki umur kucing siap kawin maka kucing betina memiliki masa lebih cepat. Hal ini terjadi karena penciuman kucing betina lebih tajam untuk mengetahui aroma cairan yang dikeluarkan kucing jantan sehingga kucing betina birahi.

Nah, saat ini Anda sudah paham bukan berapa umur kucing yang siap kawin serta apa saja tanda-tandanya? Perhatikan selalu kucing Anda ya, dan jangan sampai Anda mengkawinkan kucing kesayangan sebelum waktunya!

No comments:

Search This Blog